PROPOSAL SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN “e-LIBRARY MERETAS JALAN MEMBUKA BATAS MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ” Sabtu, 01 Mei 2010 Auditorium M. Djazman UMS

Pendahuluan
Perubahan yang terjadi dengan cepat di belahan dunia disertai kompetisi yang semakin tinggi, merupakan alasan mengapa sebuah organisasi harus memahami dan mengantisipasinya, untuk mempertahankan dirinya, memelihara hubungannya dengan 'customer'nya. Menjawab tantangan perubahan yang secara global terjadi pula di dunia pendidikan. Oleh karena itu lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi perlu mempersiapkan diri dan menyiapkan strategi agar tetap eksis di kancah persaingan bisnis pendidikan. Selain itu trend dunia pendidikan yang akhir-akhir ini sedang naik daun ditambah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan masyarakat sebagai konsumen pendidikan menuju ke masyarakat informasi karena boomingnya dunia internet, merupakan hal-hal yang perlu diantisipasi pula oleh lembaga pendidikan.

Keberadaan Perpustakaan tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan, Karena perpustakaan merupakan lembaga yang mampu menunjang proses pendidikan dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada gilirannya dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang maju dan sejahtera. e-library sebagai pengembangan layanan perpustakaan diharapkan mampu mengantisipasi dan menjawab perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan.
Dalam rangka hari pendidikan nasional  Perpustakaan UMS bekerjasama dengan Speedy menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “e- Library” Meretas Jalan Membuka Batas Menuju Pendidikan berkualitas yang bertujuan untuk memberi  wawasan dan pengembangan tentang  strategi membangun pendidikan berkualitas melalui  e-library, dan pentingnya peran e-library dalam proses pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi.
Acara ini dikemas dalam bentuk seminar pendidikan yang sedang booming gemanya saat ini, sehingga akan menjadi momentum yang tepat untuk melakukan strategi promosi dari berbagai sponsor dengan sasaran audiens mahasiswa khususnya FKIP; Tenaga Pendidik (guru; kepala sekolah; dosen); dan juga pustakawan.
Sebagai bahan pertimbangan sponsor untuk bekerjasama mempromosikan produk dalam acara yang kami selenggarakan tersebut, berikut ini kami sampaikan gambaran umum kegiatan tersebut.

Waktu
Hari        : Sabtu
Tanggal   : 1 Mei 2010
Pukul       : 08.00 s.d. 15.00

Tempat
Auditorium M. Djazman UMS

Pengisi Acara
Pembicara    :
  1. Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. (Tokoh Pendidikan Nasional; Direktur Labs School)
  2. Putu Laxman Pendit, Ph.D (Dosen; Konsultan bidang Informasi dan Perpustakaan)
  3. Gunawan Ariyanto, S.T. M.CompSc (Dosen UMS; Mantan Kepala Perpustakaan UMS; Ahli IT)

Moderator:
    Drs. Sofyan Anief, M.Pd. (Dekan FKIP UMS)

Bintang Tamu:
    Rieke Dyah Pitaloka (Artis; Anggota DPR RI)

Peserta & Spesifikasi Sponsor yang Berpartisipasi
  • Mahasiswa ; Tenaga Pendidik (Guru; Kepala Sekolah; Dosen dsb.); Pustakawan.
  • Target Perkiraan jumlah Peserta ± 250 s.d 300 orang
  • Jenis sponsor yang diperkirakan sesuai dengan segmen sasaran audiens di atas: Toko Komputer; Provider layanan internet; Provider database online, dll.

Target sponsor
UMS; Speedy; Solopos; Solopos FM; Risc Computer; TATV; Bank Jateng; BMT Amanah Ummah; Hotel Dana; Percetakan Dini; Katering Kusuma.

Media promosi dan publikasi
Media yang digunakan: Radio, Koran,  pamflet, brosur, baliho, Internet, Surat Undangan
Daya tarik acara (nilai keuntungan bagi sponsor)
  • Pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menuntut dunia pendidikan untuk beradaptasi sehingga mahasiswa; tenaga pendidik; pustakawan membutuhkan layanan internet yang cepat
  • Dengan adanya Seminar ini diharapkan pelanggan speedy dan jumlah pembelian komputer (laptop) bisa meningkat
  • Jumlah peserta yang sudah bisa dipredeksi adalah ± 250 s.d. 300 orang.

Bentuk kerja sama

Sponsor Utama
Instansi atau perusahaan yang bersedia menanggung 75% dari total biaya yang dibutuhkan setelah dikurangi oleh biaya sponsor pendukung, berhak mendapatkan kompensasi dari semua bentuk promosi yang diprogramkan, antara lain:
  1. Pencantuman logo perusahaan pada: Tanda panitia, Tanda Peserta, pamflet dan brosur, spanduk publikasi, serta semua seminar kit yang diberikan kepada peserta.
  2. Disediakan waktu 15 menit untuk presentasi produk
  3. Disediakan stan khusus untuk melakukan promosi produk.

Sponsor pendamping
Instansi atau perusahaan yang bersedia menanggung 50% dari total biaya yang dibutuhkan setelah dikurangi biaya sponsor pendukung, berhak mendapatkan kompensasi dari semua bentuk promosi yang diprogramkan, antara lain:
  1. Pencantuman logo perusahaan pada: Tanda panitia, Tanda Peserta,  pamflet dan brosur, spanduk publikasi , serta salah satu seminar kit yang diberikan kepada peserta
  2. Disediakan stan khusus untuk melakukan promosi produk.

Sponsor Pendukung
Fasilitas Promosi dan ketentuan khusus yang diberikan sesuai dengan kesepakatan bersama yang bersifat saling menguntungkan.

Contact person dan waktu yang ditetapkan sebagai batas minimal pembayaran
Contact Person    : 085741093292 (Maria)
Waktu yang ditetapkan sebagai batas minimal pembayaran: 7 hari sebelum pelaksanaan

Penutup
Bagi para sponsor yang berkenan untuk ikut berpartisipasi pada event kami, maka kami merasa berterimakasih sekali karena Anda mempercayakan media publikasi kepada event yang kami selenggarakan.
Kami akan menghubungi anda beberapa hari setelah proposal ini sampai pada perusahaan anda.


Susunan Panitia
Penanggung Jawab      
Denny Vitasari, S.T. M.Eng.Sc. (Kepala Perpustakaan UMS)
Ketua Panitia            
Nanang Suryana, S.E.
Sekretaris                  
Maria Husnun Nisa, S.Sos
Bendahara                  
Kurnia Utami, S.Sos

Seksi – seksi :
Sie Acara  
Cahyono KW., A.Md., Ari Fatmawati, A.Md.   
Sie Perlengkapan                     
 Drs. Sugiyanto
Sie Konsumsi                          
Gatiningsih, Siti Musyarofah, Tri Mulyati
Sie Dana Usaha                
Esti Handayani, A.Md, Haryanto, SE
Sie Pendaftaran & Registrasi   
Ken Retno Yuniwati, A.Md., Edy Suparno,  Eko Daryadi



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Deskripsi Diri

e-Science, e-Paper dan e-Ink

PRIMA-BASED SERVICES INFORMATION TECHNOLOGY